Timnas U22 Indonesia Berhasil Meraih Medali Emas SEA Games 2023

lapakbetbola.com-Timnas U22 Indonesia sukses meraih emas SEA Games 2023 usai membekuk Thailand 5-2 pada laga final. Garuda melalui fase grup dengan sempurna, lalu juara dengan bumbu drama.

National Olympic Stadium di Phnom Penh, Kamboja, menjadi saksi bisu keberhasilan timnas U22 Indonesia asuhan Indra Sjafri mengalahkan Thailand pada final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023.

Garuda Muda menang berkat gol-gol Ramadhan Sananta (21′, 45+4′), Irfan Jauhari (91′), Fajar Fathur Rahman (107′), dan Beckham Putra (120′).

Sepasang gol Thailand lahir berkat tandukan Anan Yodsangwal (65′) dan sepakan Yotsakon Burapha (90+7’). Kemenangan atas Thailand di partai final menjadi ujung manis dari kiprah gemilang Indonesia di SEA Games 2023.

Garuda Muda besutan Indra Sjafri mengawali SEA Games 2023 dengan mantap. Marselino Ferdinan dkk menyapu bersih total empat partai fase grup dengan kemenangan.

Perjalanan Kemenangan Timnas U22

Catatan meyakinkan dibukukan Indonesia kala beraksi di fase grup. Pasukan Indra Sjafri berturut-turut membekuk Filipina (3-0), Myanmar (5-0), Timor Leste (3-0), dan tuan rumah Kamboja (2-1).

Setelah itu, Indonesia melalui drama babak gugur. Bagaimana tidak? Sampai laga semifinal kontra Vietnam berusia 90 menit, papan skor masih menunjuk angka 2-2.

Akan tetapi, mentalitas Garuda berbicara. Indonesia yang sejak menit ke-60 partai semifinal SEA Games 2023 bermain dengan 10 orang, sukses mencetak gol kemenangan 3-2 atas Vietnam pada menit ke-90+6 via Taufany Muslihuddin.

Timnas Indonesia kembali melalui drama pada partai puncak kala berjumpa Thailand, tim yang pernah dua kali memberi kekalahan buat Garuda di final SEA Games 1997 dan 2013.

Pasukan asuhan Indra Sjafri tampil agresif dan memegang kendali permainan final SEA Games 2023. Skema lemparan ke dalam Indonesia yang memicu dua gol pada laga semifinal versus Vietnam, ternyata juga bisa menembus Thailand.

Gol pertama Indonesia pada laga final SEA Games 2023 yang dibukukan Ramadhan Sananta (21′) bermula dari lemparan ke dalam jauh Alfeandra Dewangga.

Sepakan Ramadhan Sananta pada menit ke-4 injury time babak pertama menghadirkan pukulan lanjutan buat Thailand. Kiper Thailand, Soponwit Rakyart, yang sudah telanjur maju tak bisa banyak berbuat melihat sepakan parabolik Sananta menembus gawang.

Gol Yang Muncuk di Babak Akhir

Akan tetapi, mental Garuda lagi-lagi diuji. Thailand memberi respons pada babak kedua lewat tandukan Anan Yodsangwal (65′) dan gol Yotsakon Burapha (90+7’) yang muncul pada detik-detik penghabisan.

Pertandingan final SEA Games 2023 pun berlanjut ke extra time. Pada masa tambahan waktu, Indonesia langsung unggul berkat sepakan cungkil Irfan Jauhari (91′). Segera setelah itu, drama lanjutan terjadi. Keributan hebat pecah, melibatkan pemain dan personel kedua tim yang menghuni bangku cadangan.

Keributan tersebut membuahkan kartu merah buat Komang Teguh Trisnanda (Indonesia) dan Soponwit Rakyart (Thailand), beserta sejumlah ofisial kedua tim. Setelah itu, Thailand bahkan harus kembali kehilangan pemain usai Jonathan Khemdee mendapatkan amanat pengusiran wasit.

Unggul jumlah pemain membuat Garuda di atas angin, apalagi setelah Teerasak Poeiphimai turut diusir keluar lapangan pada pengujung babak kedua extra time. Pasukan Indra Sjafri akhirnya mengunci kemenangan 5-2 atas Thailand via torehan gol Fajar Fathur Rahman (107′) dan Beckham Putra (120′).

Garuda sekali lagi menunjukkan keteguhan hati. Keunggulan bisa terus dipulihkan meski beberapa kali Thailand mengancam. Peluit akhir wasit pun menjadi irama terindah yang mengiringi Garuda terbang ke angkasa. Indonesia juara.