MotoGP Batalkan Ajang Kazakhstan 2023, Berikut Alasan nya

lapakbetbola.com-MotoGP memastikan pembatalan ajang MotoGP Kazakhstan 2023. Hal ini membuat kalender MotoGP 2023 batal menjadi musim terpanjang sepanjang sejarah dengan 21 balapan.

MotoGP Kazakhstan merupakan satu dari dua event anyar di kalender MotoGP 2023 bersama India. Balapan perdana MotoGP Kazakhstan dijadwalkan bergulir pada akhir pekan 9 Juli di Sirkuit Internasional Sotol.

“FIM, IRTA, dan Dorna dapat mengonfirmasi pembatalan GP Kazakhstan 2023,”tulis pernyataan singkat FIM, Federasi Olahraga Motor Internasional.

“Pengerjaan homologasi yang masih bergulir di sirkuit dipasangkan dengan tantangan operasi global telah mengharuskan pembatalan event 2023.”

MotoGP juga mengonfirmasi tak ada event pengganti untuk MotoGP Kazakhstan 2023 dan mereka mengungkapkan masih akan berencana membalap di sana pada 2024. Sirkuit Internasional Sokol didesain oleh perancang terkemuka Herman Tilke dan digaungkan sebagai Sirkuit Grade 2 FIA.

Pembatalan MotoGP Kazakhstan akan membuat adanya jeda musim panas sepanjang lima pekan antara MotoGP Belanda pada 25 Juni dan MotoGP Inggris pada 4 Agustus. Selain itu, pembatalan event ini menghilangkan 37 poin dari peta persaingan menuju gelar juara bagi para rider.

Sementara itu, MotoGP belum mengubah penjadwalan balapan di India yang direncanakan bergulir di Sirkuit Internasional Buddh pada akhir pekan 24 September. Ini bukan kali pertama MotoGP membatalkan event sebelum bergulir.

Rencana balapan di Sirkuit KymiRing Finlandia sempat dibatalkan dua kali di era pandemi Covid-19 sebelum kontraknya dibatalkan. Sementara itu, rencana balapan di Hongaria, Brasil, dan Wales sempat diumumkan sebelum hilang tanpa kabar.