Persiapan Timnas U22 Dalam SEA Games 2023, Indra Sjafri Akan Dibantu Tim Analisis

lapakbetbola.com-Pelatih timnas U22 Indonesia, Indra Sjafri, tak akan bekerja sendirian untuk mempersiapkan skuad Garuda Muda yang dijadwalkan tampil pada SEA Games 2023 Kamboja.

Selama proses persiapan, Indra Sjafri dibantu oleh staf kepelatihan dan tim analisis yang dibentuk secara khusus untuk menganalisis statistik hingga video pertandingan.

Indra Sjafri menjelaskan bahwa tim analisis juga dibentuk untuk menganalisis kekuatan lawan yang akan dihadapi timnas U22 Indonesia dalam perjalanan menuju medali emas SEA Games 2023 Kamboja.

Dengan demikian, timnas U22 Indonesia tidak akan datang dengan tangan kosong ketika masuk dalam persaingan. Selain modal teknis yang diraih dari proses latihan, timnas U22 Indonesia juga akan dibekali dengan pengetahuan terkait kekuatan lawan.

Timnas Akan Mendapatkan Info Dari Tim Analisis Terkait Kekuatan Lawan

Indra Sjafri selaku pelatih juga mengaku telah mendapat beberapa informasi berkat kinerja tim analisis. Timnas U22 Indonesia yang tergabung di Grup A bakal bersaing dengan Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan tuan rumah Kamboja.

“Alhamdulillah tim analisis kami juga sudah bantu saya untuk dapat info tentang Filipina, Myanmar, Timor Leste, dan Kamboja,”kata Indra Sjafri seusai laga uji coba kedua melawan Lebanon, Minggu (16/4/2023) malam WIB.

Berdasarkan jadwal sepak bola SEA Games 2023, timnas U22 Indonesia akan mengawali perjuangan dengan melawan Filipina. Sebelumnya, timnas U22 Indonesia juga telah menjalani pemusatan latihan dan sejumlah laga uji coba melawan Bhayangkara FC dan Lebanon.

Timnas U22 Indonesia mengakhiri laga uji coba melawan Bhayangkara FC dengan skor 1-1. Sementara itu, skuad Garuda Muda mencatatkan satu kekalahan dan satu kemenangan pada dua laga uji coba internasional melawan Lebanon.

Sekilas Tentang Tim Analisis Timnas U22 Indonesia

Indra Sjafri membentuk tim analisis untuk mendukung kinerja staf kepelatihan timnas U22 Indonesia. Berdasarkan penjelasan Indra Sjafri, tim analisis bertugas menganalisis statistik hingga video pertandingan untuk kemudian diberikan kepada staf pelatih.

Tak hanya menganilisis statistik dan video pertandingan timnas U22 Indonesia, tim analisis juga bertugas mempelajari kekuatan lawan lewat media serupa. Indra Sjafri menunjuk Yeyen Tumena untuk memimpin tim analisis tersebut.

“Tim kepelatihan didukung oleh tim performance analyst yang membantu saya untuk match analyst, data statistik, video analyst, dan analisis-analisis terhadap lawan yang informasinya diberikan kepada saya,”kata Indra Sjafri dalam konferensi pers menjelang laga pertama kontra Lebanon, Kamis (13/4/2023).

“Saya percayakan Yeyen sebaga ketuanya, sebagai orang yang mengepalai itu, performance analyst,”ujar Indra Sjafri.