Pep Guardiola Mampu Jaga Ketajaman Haaland, Siapkan Perawatan 24 jam

lapakbetbola.com-Eks bek Manchester City, Kolo Toure, memuji kehebatan Pep Guardiola dalam menjaga ketajaman Erling Haaland.

Erling Haaland memang striker menakutkan di mata lawan dengan kualitas mumpuni yang ia punya dalam urusan mencetak gol. Buktinya, Erling Haaland mampu membukukan 47 gol dari total 40 pertandingan pada musim perdananya bersama Man City.

Ketajaman di depan gawang membuat Haaland mampu mengukir beragam rekor saat berkostum Man City terutama dalam urusan betapa cepat dirinya mencapai landmark mencetak gol. Tak ayal, Kolo Toure memberikan pujian untuk Haaland. Ia menilai striker asal Norwegia mempunyai kualitas luar biasa.

“Menurut saya, Haaland sangat kuat. Secara teknis dia luar biasa, Anda bisa melihat kakinya, sangat hebat,”kata Toure dikutip dari Manchester Evening News.

“Saat Haaland berada di dalam kotak penalti, dia selalu berada di posisi tepat, dia sangat agresif, dan mampu membuat dua gerakan ketika berlari,”tambah dia.

“Haaland bakal berpura-pura mundur lalu dia berlari ke depan. Dia sangat agresif ketika berada di dalam kotak penalti,”ungkapnya.

Kolo Toure kemudian membandingkan Erling Haaland dengan eks penyerang Arsenal, Thierry Henry. Ia mengatakan bahwa Henry mampu bergerak melewati pemain untuk mengemas gol, sedangkan Haaland tidak bisa.

Dibalik Penampilan Haaland, Tidak Lepas Dari Jasa Pep Guardiola

“Saya selalu berbicara soal Henry karena dia adalah pemain yang jika Anda memberikan umpan, dia sangat bagus,”ungkap Toure soal Henry.

“Namun, jika dia (Henry) tidak diberikan operan, dia bisa mencuri bola, menggiring si kulit bulat melewati dua pemain atau tiga pemain guna mencetak gol,”tuturnya.

“Saya rasa Haaland tidak memiliki kemampuan itu. Sangat jarang Anda melihatnya menerima bola, melewati dua atau tiga pemain untuk mengemas gol,”tambah dia.

Kendati demikian, mantan bek Arsenal itu menuturkan bahwa penampilan apik Haaland tak lepas dari jasa Pep Guardiola. Menurut Kolo Toure, Pep Guardiola mempunyai “ramuan” khusus untuk menjaga agar Haaland tetap lapar di depan gawang.

“Pep adalah manajer yang sangat pintar, dia tahu bagaimana cara mendapatkan potensi terbaik dari para pemain,”ujar dia.

“Saat ini, dia tahu Haaland sedang dalam performa terbaik. Dia membuatnya sangat lapar, tetapi yang terpenting memastikan bahwa dia tidak cedera karena Haaland adalah pemain bagus,”ungkapnya.

“Jika Haaland menderita cedera, kondisi itu bakal berdampak pada Man City tentunya,”tuturnya.

Man City Rawat Haaland 24 Jam Tanpa Tenti

Pep Guardiola mengakui bahwa Man City mejaga kondisi tubuh Haaland dengan cermat guna mendapatkan penampilan terbaik striker berumur 22 tahun itu.

Apalagi, Haaland mempunyai postur setinggi 194 cm dengan karakteristik permainan eksplosif dan mengandalkan akselerasi. Ukuran tubuh jangkung pemain yang direkrut dari Borussiaa Dortmund pada bursa transfer musim panas 2021-2022 membuatnya sulit menghindari cedera.

“Saya tidak tahu apa yang dia lakukan selama di Dortmund. Namun, di sini (Man City), kami merawatnya 24 jam. Kami memiliki fisioterpis dan dokter yang luar biasa untuk mengerjakan setiap detailnya,”kata Guardiola.