Lothar Mattheus: Meski Senggitnya Perebutan Puncak Klasemen Bundes Liga, Munchen Tetap Jadi Favorit Juara

lapakbetbola.com– Legenda Bayern Munchen dan Timnas Jerman, Lothar Matthaeus, menganggap bahwa Bayern tetap menjadi favorit untuk menjuarai Bundesliga atau Liga Jerman musim ini.

Die Roten berada di puncak klasemen dengan perolehan 46 poin dari 22 pertandingan. Poin antara Munchen sama dengan yang dimiliki oleh rival sebuyutnya, Borussia Dortmund.

Namun, selisih gol memasukkan dan kemasukan Munchen yang lebih baik dibanding Dortmund membuat FC Hollywood lebih berhak untuk menduduki puncak klasemen sementara.

Matthaeus menganggap bahwa musim yang dialami oleh Munchen saat ini jauh lebih berbeda dibanding dengan biasanya. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh penurunan performa Joshua Kimmich cs pada bulan-bulan tertentu.

“Meski mereka unggul di tabel klasemen, mungkin ini bukan hal yang biasa Bayern Muenchen bayangkan. Dominasi mereka selama 10 tahun terakhir merupakan saksi,”ujar eks gelandang Die Roten tersebut di rilis yang diterima lapakbetbola.com dari Bundesliga.

“Beberapa minggu di bulan September, mereka tidak meraih banyak poin. Selain itu, mereka juga bermain imbang dalam tiga pertandingan pertama pada awal tahun dan kehilangan beberapa poin,”komentar legenda timnas Jerman tersebut terkait periode buruk Munchen.

Pria kelahiran 1961 tersebut menyebutkan bahwa periode buruk yang dialami oleh Munchen dapat dimanfaatkan dengan baik oleh lawan-lawannya untuk mendekat dan menjaga asa merebut gelar juara liga.

“Tidak hanya satu atau dua tim yang mencoba mendekat ke puncak klasemen. Bahkan, terdapat empat dan lima tim yang meramaikan persaingan gelar juara,”ujar pria yang menorehkan lebih dari 400 penampilan dalam dua periode bagi Bayern Munchen tersebut.

“Ini sungguh menarik bagi Bundesliga dan fans sangat menikmati hal tersebut.”

Selain Bayern Munchen dan Borussia Dortmund yang menempati posisi satu dan dua klasemen, terdapat empat tim lain yang memiliki peluang setara untuk mengambil alih puncak dari klasemen Bundesliga.

Ketiga tim tersebut adalah Union Berlin (43) di posisi ketiga klasemen, RB Leipzig (42) di posisi keempat, SC Freiburg (41) menempati posisi kelima, dan Eintracht Frankfurt (38) di posisi keenam.

Eks gelandang bertahan Die Roten tersebut mengapresiasi performa dari Union Berlin di musim ini. Menurutnya, kesuksesan Union tak luput dari kerja keras semua pihak yang ada di klub asal Berlin tersebut.

“Sulit dipercaya bagaimana klub ini dapat berkembang dan menunjukkan pencapaian mereka dalam waktu singkat. Saya pikir semua orang melakukan segalanya dengan benar di Union Berlin,”sambung enam kali juara Liga Jerman tersebut.

“Mereka bermain membangun serangan dari belakang, cepat dalam serangan balik, dan kuat dalam situasi bola mati.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bagi saya bahwa Union Berlin sangat stabil dan mencapai kesuksesan dengan pelatihnya saat ini,”ulas Matthaeus terkait gaya bermain Union Berlin.

Meskipun demikian, Matthaeus meyakini bahwa Bayern Muenchen tetap akan menjadi juara liga di akhir musim. Faktor mental dan kedalaman skuad yang lebih baik dibanding dengan pesaingnya menjadi kunci bagi Bayern untuk dapat memenangkan gelar liga kesebelas secara beruntun.

“Bayern jelas menjadi favorit, Dortmund dan Leipzig menjadi pesaing utamanya menurut saya. Mereka memiliki kedalaman skuad lebih baik bila dibandingkan dengan Frankfurt, Union dan Freiburg,”ucap pemenang Ballon d’Or 1990 tersebut dengan tegas.

“Banyak tim yang masih bermain di tiga kompetisi dan memiliki pengalaman yang sedikit ketika harus menyesuaikan ritme bermain dengan jeda tiga hari. Hal ini merupakan sebuah rutinitas yang biasa dialami oleh Munchen dan mereka paham bagaimana mengatasinya,”lanjut Matthaeus.

“Munchen telah berulang kali menunjukkan bahwa mereka dapat mengatasi tekanan baik di Jerman maupun Eropa. Bahkan, ketika telah melewati periode buruk, mereka dapat mengikutinya dengan performa positif,”tutup sang pemain.

Adapun perjuangan Munchen dan pesaingnya untuk mengamankan puncak klasemen liga Jerman akan berlanjut dalam pekan ke-23 Bundesliga. Borussia Dortmund akan menghadapi pesaing terdekatnya, RB Leipzig pada Sabtu (4/3/2023) dini hari.

Sementara itu, Union Berlin akan menjamu FC Koln pada Sabtu (4/3/2023) malam, dilanjutkan dengan Bayern Munchen yang bertandang ke kandang dari VfB Stuttgart pada Minggu (5/3/2023) dini hari.