Argentina Sempat Terpikir Gelar MotoGP Tanpa Penonton

Argentina Sempat Terpikir Gelar MotoGP Tanpa Penonton

Lapakbetbola.com – Promotor MotoGP Argentina, Orlando Terranova, mengaku puas atas kesepakatannya dengan FIM, IRTA, dan Dorna Sports untuk menunda balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, yang harusnya digelar pada 17-19 April dan kini dijadwalkan digelar pada 20-22 November mendatang.

Setelah aksi kelas tertinggi di Qatar dibatalkan dan Seri Thailand ditunda sampai 2-4 Oktober, serta Seri Austin dipindahkan ke 13-15 November, Argentina tadinya sempat didapuk menggelar seri perdana MotoGP 2020. Meski begitu, terus merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) membuatnya tak memungkinkan.

Menurut Terranova yang juga peserta Reli Dakar ini menyatakan bahwa menunda sebuah balapan dari jauh-jauh hari adalah keputusan yang tepat, tak seperti Formula 1 GP Australia yang batal begitu saja hanya beberapa jam sebelum sesi latihan berjalan pada Jumat (13/3/2020) lalu.

Lega Tak Salah Langkah Seperti F1

“Membatalkan sebuah acara hanya beberapa jam atau hari sebelum digelar, seperti Formula 1 GP Australia, adalah kekacauan ekonomi yang tak bisa Anda perbaiki. Inilah alasan kami coba antisipasi banyak hal,” tutur Terranova kepada Campeones seperti yang dikutip Motorsport.com.

Terranova pun mengaku pihaknya sempat memiliki gagasan menggelar MotoGP tanpa penonton, namun akhirnya dienyahkan demi keputusan yang lebih baik. Alhasil, Seri Argentina dipindahkan ke 20-22 November dengan harapan situasi dunia saat itu sudah membaik.

“Kami bicara dengan Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports) dan bilang padanya bahwa balapan tanpa penonton tak bisa menguntungkan kami, dan ia memahaminya,” ungkap Terranova.

Cuaca Bakal Hangat

Terranova juga menyatakan bahwa balapan di Argentina pada November nanti bakal menyajikan kondisi trek terbaik untuk para rider karena cuaca Termas de Rio Hondo lebih hangat pada bulan tersebut.

“Balapan di Argentina nanti bisa berjalan dengan sempurna, karena cuacanya bakal lebih hangat ketimbang April. Di tempat lain, seperti Valencia, saya lihat lebih rumit karena cuacanya dingin,” tutupnya.

Sumber : ( bola.net )